Cara berhenti merokok dan minum alkohol

Cara berhenti merokok

Cara berhenti merokok dan minum alkohol dapat dilakukan dengan mengubah gaya hidup dan juga mengubah lingkungan dalam bergaul. Ini adalah langkah-langkah efektif yang bisa dilakukan untuk mengurangi dan berhenti dari kebiasaan buruk ini.

Apabila masih berada di lingkungan pergaulan yang suka merokok dan minum alkohol maka akan sulit berhenti dari kebiasaan ini.

Cara yang paling efektif adalah mencari lingkungan pergaulan yang baru. Karena ada pepatah yang mengatakan bahwa “pergaulan yang buruk merusak kebiasaan yang baik.”

Belum lagi pengaruh dari lingkungan keluarga dan orang-orang terdekat, sehingga berhenti merokok dan minum alkohol ini membutuhkan keseriusan.

Cara Berhenti Merokok dan Minum Alkohol

Berhenti dari kebiasaan merokok dan minum alkohol tentu akan berdampak besar bagi kesehatan tubuh di masa yang akan datang.

Mengingat ketahanan tubuh yang semakin menurun ketika bertambahnya usia sehingga perlu langkah-langkah konkret untuk berhenti dari kebiasaan buruk ini.

1. Mengambil komitmen dan tentukan waktu

Cara pertama untuk berhenti merokok adalah dengan mengambil komitmen dan keputusan untuk berhenti.

Langkah selanjutnya adalah dengan menentukan waktunya, kapan Anda akan berhenti dari merokok dan minum alkohol?

Hal ini perlu dilakukan untuk mempersiapkan diri, melatih dan mencari kegiatan positif untuk mengurangi ketergantungan dengan rokok dan alkohol.

Dengan adanya komitmen dan waktu yang ditentukan tentu akan membuat kita lebih bertanggung jawab mengenai masalah ini. Kita akan lebih berusaha untuk bisa mengurangi dan berhenti dari rokok dan juga alkohol.

2. Hindari pemicu rokok dan alkohol

Langkah yang kedua untuk berhenti dari kebiasaan merokok dan minum alkohol adalah menghindari pemicunya.

Misalnya dengan menghindari tempat-tempat nongkrong, hindari tempat-tempat membeli rokok dan membeli alkohol.

Hindari juga begadang hingga larut malam, biasanya begadang bisa menjadi tempat untuk merokok dan juga minum alkohol.

Menghindari bukan berarti tidak berteman, sehingga harus bijak ketika menghabiskan waktu bersama-sama teman di luar. Ada baiknya mengurangi kegiatan-kegiatan yang tidak penting.

3. Cara berhenti merokok dan minum alkohol terakhir: Mengubah cara bergaul

Dalam berbagai cerita, pergaulan adalah faktor kedua setelah diri sendiri yang menyebabkan seseorang sulit berhenti dari ketergantungan rokok dan juga alkohol.

Biasanya pergaulan juga yang menyebabkan seseorang belajar untuk merokok dan juga minum minuman beralkohol.

Oleh sebab itu, jika ingin berhenti dari kebiasaan buruk tersebut maka harus mengubah cara bergaul. Apabila dahulu Anda suka membeli rokok dan minuman beralkohol maka sekarang jangan pernah membelinya.

Apabila ada sahabat dan teman-teman yang datang ke rumah, maka cukup katakan “saya sudah tidak merokok dan tidak minum alkohol lagi.”

Dengan demikian, teman-teman Anda tidak akan mengajak atau menyuruh untuk membeli barang-barang tersebut. Jika mereka mengajak maka kalian harus menolaknya.

Langkah selanjutnya, carilah lingkungan dan teman-teman baru yang memang tidak merokok. Hal ini akan membuat Anda lebih baik, karena berada di lingkungan yang tidak memberikan pengaruh atau pemicu terhadap barang-barang tersebut.

Dengan menerapkan langkah-langkah tersebut dengan teratur dan terbit, maka kebiasaan buruk tersebut dapatlah dihentikan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *