Dunia Blogging: Mengenal, membuat dan konten yang interaktif

Dunia blogging

Dunia blogging merupakan ekosistem pada jaringan blogger yang saling berinteraksi antara penulis, pembaca dan platform blogging sendiri. Ekosistem ini terdiri dari blog dan para blogger yang aktif, yang mana mereka membuat dan mempublikasikan konten secara online.

Para blogger ini menggunakan blog mereka untuk berbagi banyak hal, seperti pengetahuan, informasi, cerita dan pengalaman hidup sehari-hari kepada pengguna internet secara online.

Perkembangan dunia digital memang memberikan pengaruh yang besar terhadap perkembangan dan trend dalam dunia blogging. Setiap tahuannya, pengguna blog terus bertambah dan semakin banyak.

Dapatlah dikatakan bahwa blogging masih menjadi pilihan favorit untuk membagikan berbagai konten dan tempat untuk mencari penghasilan secara online.

Meskipun sudah ada youtube, Facebook, Instagram atau Tiktok, blog atau situs web masih menjadi pilihan favorit banyak orang.

Mengenal dunia blogging

Pengguna blog di Indonesia mulai populer sekitar tahun 2010-2012an. Seiring waktu, pengguna blogger semakin terus bertambah banyak sampai sekarang ini.

Perkembanganya dunia digital juga memberikan pengaruh yang besar terhadap bertambahnya pengguna blogger. Akibatnya, persaingan di antara pengguna blog semakin ketat.

Apakah kalian juga salah satu dari pengguna blogger? Apabila kalian pengguna lama, tentu sudah merasakan dan mendapatkan banyak manfaatnya.

Apalagi blog bisa digunakan untuk banyak hal, seperti media berita, media tutorial dan juga tempat berjualan secara online.

Para blogger juga dapat berbagi informasi dengan memanfaatkan keterampilan mereka sendiri. Misalnya dengan membuat blog dengan topik kuliner, teknologi, media berita, travel, kesehatan, fashion dan juga pendidikan.

Manfaat membuat blog

Dunia blogging memiliki banyak manfaat, baik secara individu maupun dalam dunia bisnis. Blog juga digunakan sebagai media promosi yang paling relevan untuk saat ini.

1. Tempat berbagi informasi dan mencari penghasilan

Manfaat blog yang pertama adalah sebagai tempat untuk berbagi informasi dan juga untuk mencari penghasilan secara onlie.

Jika kalian suka menulis maka ngeblog bisa dimanfaatkan untuk berbagi informasi, pengalaman, pengetahuan dan tempat untuk membangun komunitas.

Seorang blogger juga harus membuat konten yang berkualitas, informatif dan interaktif. Manfaat blog yang paling populer adalah bisa dimanfaatkan untuk mencari penghasilan secara online.

Misalnya melalui Adsense, iklan baner, jual backlink dan juga berjualan secara online. Bagaimana, apakah kalian tertarik untuk menjadi seoranag blogger yang profesional?

2. Dunia blogging menjadi tempat untuk membangun konten interaktif

Blog juga bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai jenis konten yang interaktif dan menarik. Dan pastinya bisa melibatkan penguna untuk berinteraksi secara langsung.

Hal ini berbeda dengan konten yang bersifat statis seperti blog biasa yang menyajikan berbagai berita atau informasi.

Konten interaktif yang dimaksud di sini adalah mengundang para partisipasi aktif atau para pengguna internet untuk bermain, belajar dan berkontribusi secara langsung.

Contoh konten interaktif yang bisa kalian buat melalu blog adalah membuat diskusi online atau survei. Misalnya situs quora.com yang menjadi tempat berbagai informasi secara langsung seperti mengajukan pertanyaan, memberikan jawaban atau melakukan diskusi.

Konten interaktif yang lain adalah dengan membuat konten permainan atau tantangan seperti kuis, survei, galeri foto atau video yang melibatkan pengguna secara langsung.

Pada era digital sekarang ini, blog juga bisa digunakan untuk berbagi informasi melalui audio, misalnya seperti podcast.

Podcasting sendiri merupakan bentuk konten digital di mana para pembuatnya membuat dan mempublikasikan audio berseri secara online. Konten podcast ini juga bisa dilakukan secara streaming dan bisa di unduh secara langsung keperangkat pengguna.

Konten podcast ini memiliki topik-topik yang tidak jauh berbeda dengan pengguna blog statis. Biasanya para podcaster membahas topik yang beragam seperti berita, hiburan, pengalaman pribadi atau seputar pendidikan.

Kemajuan teknologi digital memang mendorong masyarakat untuk terus belajar, kreatif dan memanfaatkan teknologi tersebut.

Salah satunya adalah dengan memahami dunia blogging dan memanfaatkannya untuk berbagi pengalaman, informasi dan juga tempat untuk mencari “cuan.”

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *