Strategi efektif meningkatkan traffic blog: promosi dan bagikan artikel di media sosial

Strategi efektif meningkatkan traffic blog

Strategi efektif meningkatkan traffic pada blog melalui media sosial adalah dengan membagikan link artikel di facebook, Instagram, Pinterest atau Linkedln. Membagikan artikel blog secara rutin pada platform tersebut maka dapat meningkatkan traffic pada blog secara signifikan.

Ada banyak cara untuk mendatangkan traffic dan meningkatkan visiblitas pada situs web, yakni dengan mendatangkan pegunjung secara organik dan non organik. Pengunjung organik sendiri berasal dari pencarian berdasarkan kata kunci pada mesin telusur google atau bing.

Semakin banyak artikel pada blog kalian, maka situs akan mudah diindeks dan ditemukan oleh mesin telusur seperti google atau bing. Namun untuk menempati ranking atas tidaklah mudah, karena harus bersaing dengan ribuan situs web lainnya.

Sedangkan pengunjung non organik adalah pengunjung yang berasal dari tautan-tautan yang dibagikan melalui media sosial atau dibagikan secara langsung.

Artikel ini akan mengupas tuntas strategi efektif meningkatkan traffic dengan memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan traffic pada blog.

Strategi efektif meningkatkan traffic

Hampir semua situs web sampai hari ini selalu membagikan artikel-artikel mereka melalui media sosial. Platform ini memiliki pengguna yang sangat banyak dan bisa menyumbang traffic yang tinggi bagi blog kalian.

Untuk platform facebook sendiri sudah mencapai 5 M+ unduhan di Play Store, sedangkan Instagram juga memiliki jumlah unduhan 5 M+. Artinya, platform ini memiliki tingkat lalu lintas yang sangat tinggi.

Belum lagi platform media sosial yang lainnya yang bisa kalian manfaatkan untuk meningkatkan traffic pada blog.

Apabila media sosial tersebut digunakan dan dimanfaatkan secara maksimal untuk mempromosikan blog kalian, maka traffic blog akan meningkat secara signifikan.

Persoalannya adalah bagaimana caranya dan bagaimana memulainya? Ini adalah pertanyaan klasik yang sering ditanyakan oleh para pemula.

1. Strategi efektif meningkatkan traffic yang perama: Konten harus berkualitas

Strategi efektif meningkat traffic yang pertama dalah dengan membuat konten yang berkualitas di media sosial. Mengapa berkualitas? Hal ini bertujuan untuk menarik para pengguna dan pengikut media sosial Anda tertarik untuk melihat dan mengklik konten yang kalian bagikan.

Konten yang dibuat haruslah relevan, menarik, informatif dan disukai oleh para pengguna media sosial. Dengan disukai oleh banyak pengguna maka pengikut media sosial kalian akan bertambah. Konten-konten yang dibagikan cenderung akan di lihat dan dibagikan kembali.

Selanjutnya, pahami audiens dan audiens yang menjadi target. Hal ini penting untuk mengetahui minat dan kebutuhan para pengikut dan bagaimana mereka berinteraksi dengan media sosial.

Setelah itu, buatlah konten artikel yang menarik di blog kalian, selanjutnya bagikan di platform media sosial yang kalian punya.

2. Selalu konsisten memposting

Langkah kedua adalah selalu konsisten memposting konten-konten yang ada di blog kalian. Konsisten berarti menjadwalkan postingan setiap hari, lalu membagikan ke media sosial secara konsisten juga.

Topik-topik yang menarik dan sedang viral tentu dapat meningkatkan ketertarikan dan pengunjung dari pengguna media sosial. Pastikan bahwa kalian juga memperhatikan hal-hal ini.

Aktif menggunakan media sosial dan membagikan konten-konten artikel pada blog, tentu akan memberikan manfaat bagi perkembangan blog kalian.

3. Gunakan gambar atau video yang menarik

Strategi efektif meningkatkan traffic melalui media sosial yanag ketiga adalah dengan membuat gambar atau video yang menarik. Buatlah gambar atau video yang menarik dan sisipkan link atau tautan ke website kalian.

Jika bingung dalam membuat gambar atau video maka gunakan saja gambar unggulan pada blog atau website kalian.

Konten yang disertai gambar atau video cenderung menarik minat pengguna media sosial, pastikan tautan-tautan yang kalian bagikan mengikuti cara ini.

Jangan lupa untuk memberikan deksripsi singkat dari konten artikel yang dibagikan, buatlah deskripsi yang menarik dan informatif.

4. Gunakan hashtag yang populer

Ketika membagikan tautan dan link ke media sosial, jangan lupa juga untuk menggunakan hashtag yang sesuai.

Menggunakan hashtag tertentu yang relevan akan membantu konten yang kalian bagikan ditemukan oleh orang-orang yang tertarik pada topik tersebut.

Dengan demikian, konten artikel yang dibagikan di media sosial akan memiliki lalu lintas yang lebih banyak dan cenderung mudah dibagikan oleh pengguna lain.

Pengunaan hashtag juga dapat meningkatkan interaksi dan koneksi dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama. Hal ini juga memungkinkan kalian untuk berteman dan saling mengikuti di media sosial.

5. Melakukan interaksi dan membalas komentar

Langkah ke lima dalam meningkatkan traffic melalui media sosial adalah dengan melakukan interaksi dan membalas komentar. Hal ini penting untuk meningkatkan komunikasi dan membangun komunitas dengan mereka.

Percakapan dan membalas komentar juga dapat menjadi alat bantu untuk mengetahui minat dan kesukaan mereka. Hal ini memungkinkan kalian membagikan konten artikel yang disesuaikan dengan minat mereka.

Misalnya mereka menyukai artis-artis korea maka buatlah artikel yang berhubungan dengan hal itu, lalu bagikan di akun media sosial kalian.

Dengan aktif membangun interaksi dengan audiens maka ini akan meningkatkan kepercayaan mereka terhadap konten-konten yang kalian buat.

6. Analisis dan Promosikan

Strategi efektif meningkatkan traffic yang terakhir adalah dengan melakukan analisis di media sosial dan melakukan promosi berbayar.

Manfaat dari melakukan promosi berbayar adalah memungkinkan konten artikel kalian mendapat lebih banyak jangkauan melalui platform media sosial atau mesin pencari.

Promosi berbayar dapat digunakan untuk menargetkan audiens yang sesuai dan akan meningkatkan jumlah pengunjung secara signifikan.

Google ads atau platform periklanan biasanya menawarkan berbagai pilihan yang bisa menargetkan audiens secara tepat. Kalian bisa menargetkannya berdasarkan minat, umur, perilaku online atau demografi.

Hal ini memungkinkan untuk menyajikan konten artikel pada blog kalian kepada orang-orang yang relevan dan menyukai konten-konten tersebut.

Kesimpulan: Strategi efektif meningkatkan traffic

Meningkatkan pengunjung dan lalu lintas pada situs web dapatlah dilakukan dengan memanfaatkan berbagai aplikasi media sosial.

Dengan menerapkan langkah-langkah yang sesuai dengan uraian di atas maka traffic situs web kalian diharapkan mengalami peningkatan secara signifikan.

Kunci utamanya adalah memiliki kemauan dan kerja keras, karena membangun dan mengembangkan situs web menjadi besar tidak mungkin dilakukan secara instan.

Semoga uraian dan penjelasan mengenai strategi efektif meningkatkan traffic dengan menggunakan media sosial dapat memberikan manfaat. Jika ada pertanyaan atau hal-hal yang belum jelas dapat bertanya di kolom komentar.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *