Sering mengalami sakit kepala, 5 hal ini penyebabnya!

Sering mengalami sakit kepala

Sering mengalami sakit kepala biasanya disebabkan oleh stres yang berlebihan, tidur larut malam, ketegangan otot dan kelelahan dalam bekerja. Sakit kepala adalah kondisi di mana seseorang mengalami sakit dan nyeri yang tidak biasa pada bagian kepalanya, sehingga penderita akan mengalami pusing.

Gejala sakit kepala tersebut ada yang ringat dan berat, biasanya tergantung kepada penyebabnya. Apakah sakit kepala tersebut disebabkan oleh stres dan kelelahan dalam bekerja atau karena ada penyakit tertentu.

Oleh karena itu, memiliki pola dan gaya hidup yang sehat sangatlah penting sekali supaya kita tidak mengalami sakit.

Apabila seseorang mengalami sering sakit kepaa secara terus-menerus, sebaiknya pergi kedokter untuk berobat dan berkonsultasi.

Apakah kalian juga sering mengalami sakit kepala dari yang ringan sampai yang berat? Sebaiknya kenali penyebab dan cara mengatasinya sejak dini.

Sering mengalami sakit kepala

Sakit kepala adalah penyakit ringan, namun apabila tidak dikenali penyebabnya dengan baik maka bisa berbahaya bagi kesehatan.

Ada banyak penyebab dan pemicu dari sakit kepala, dalam berbagai kasus setiap orang memiliki penyebab yag berbeda-beda.

Ada beberapa hal yang harus di pahami oleh masyarakat mengenai penyebab sakit kepala secara umum. Artikel ini akan menguraikannya secara sederhana.

1. Sering mengalami sakit kepala: Penyebabnya adalah stres dan kelelahan

Tahukah kalian jika stres yang berlebihan atau kelelaan dalam bekerja dapat menyebabkan sakit kepala atau migran.

Hal ini disebabkan oleh stres yang berlebihan, di mana seseorang akan mengalami gangguan sulit tidur dalam waktu yang panjang.

Akibatnya, pola tidur yang tidak sehat menyebabkan sakit kepala dan demam. Stres yang berlebihan juga menyebabkan gangguan pencernaan dan penuruhan kekebalan tubuh.

2. Ketegangan otot

Otot yang tegang sering dialami oleh setiap orang, hal ini terjadi ketika mengalami kelelahan dalam bekerja. Ketegangan otot sendiri adalah kondisi di mana otot-otot di dalam tubuh kita menjadi tegang dan kaku.

Biasanya, ketegangan otot ini terjadi pada bagian leher, bahu, punggung, bagian kepala dan juga pada bagian kaki. Hal ini adalah respon tubuh kita ketika sedang mengalami kelelahan dan kurangnya istirahat.

Apabila tubuh mengalami kelehanan maka bisa terkena berbagai penyakit, misalnya sakit kepala dan demam.

Penting sekali untuk tetap menjaga kesehatan tubuh dengan melakukan istirahat yang cukup dan makan makanan yang sehat.

3. Pola tidur yang tidak teratur

Tidur tidak teratur bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada tubuh. Pola yang tidak teratur adalah kondisi di mana seseorang sering tidur larut malam atau bahkan tidak tidur pada malam hari.

Ada banyak orang yang terkadang bekerja sampai larut malam dan tidur hanya 1 atau 2 jam saja dalam sehari. Ada juga yang waktu tidurnya bisa beralih pada pagi atau siang hari.

Akibatnya, tubuh tidak akan mendapatkan istirahat yang cukup. Hal umum yng akan terjadi biasanya adalah kepala pusing, sakit kepala, demam dan lain sebagainya.

4. Perubahan Hormon

Kadar hormon yang berubadah bisa menjadi salah satu penyebab dari sakit kepala. Perubahan ini biasanya terjadi pada perempuan ketika mereka berada pada siklus menstruasi, kehamilan dan monopause.

Ada banyak perempuan yang sering mengalami migrain ketika sedang berada pada siklus menstruasi. Hal ini disebabkan oleh perubahan kadar hormon dalam tubuh, terutama hormon estrogen.

Sakit kepala atau migrain pada perempuan yang sedang beradap siklus menstruasi biasanya lebih parah dan sulit di obati jika dibandingkan dengan sakit kepala secara umum.

5. Gangguan berbagai virus dan penyakit

Sakit kepala juga bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya disebabkan pikiran yang berat dan berbagai gangguan penyakit.

Salah satunya adalah penyakit Meniere, penyakit ini juga menyebabkan kepala menjadi sakit. Meniere adalah gangguan telinga yang di tandai dengan pusing dan bunyi berdenging di telinga. Lalu kehilangan pendengaran dan kadang-kadang juga disertai sakit kepala.

Sering mengalami sakit kepala juga bisa disebabkan oleh perubahan dalam tekanan darah, baik tekanan darah tinggi maupun tekanan darah rendah.

Sakit kepala juga bisa terjadi karena gangguan neurologis seperti sakit kepala sebelah (migran) dan juga cluster headache.

Cluster headache merupakan jenis sakit kepala yang sangat parah dan sangat sakit. Penderita akan mengalami sakit kepala secara tiba-tiba, berulang kali dan berkisar antara 15 menit sampa 3 jam.

Sakit kepala juga bisa disebabkan oleh beberapa gangguan sistem saraf pusat yang disebabkan oleh berbagai penyakit. Misalnya penyakit tumor pada otak dan pendarahan pada otak.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *