Kehidupan yang minimalis: filosofi dan cara memulainya

kehidupan yang minimalis

Kehidupan yang minimalis adalah gaya hidup sederhana dan membatasi semua kebutuhan fisik dan emosional, ini berarti hidup secukupnya saja. Memiliki gaya hidup yang secukupnya saja memang sangat unik, karena bisa memberikan warna dan arti penting tentang makna kehidupan yang sebenarnya.

Kehidupan yang berlebihan terkadang justru menimbulkan distraksi. Distraksi dapatlah diartikan sebagai segala sesuatu yang mengganggu perhatian dan konsentrasi seseorang ketika melakukan aktivitas atau pekerjaan tertentu.

Dengan kata lain, distraksi membuat seseorang terganggu dan menjadikannya tidak fokus terhadap apa yang dikerjakannya.

Kehidupan minimalis memungkin seseorang untuk menikmati kehidupan dengan nyaman dan tenang. Mereka tidak disibukkan dengan berbagai kebutuhan duniawi, karena yang terpenting adalah secukupnya saja.

Untuk memahami filosofi dan bagaimana memuliai kehidupan yang serba secukupnya saja, artikel ini akan memjelaskannya secara sederhana.

Filosofi kehidupan minimalis

Filosofi kehidupan minimalis adalah menerapkan konsep dan pola hidup kepada kesederhanaan dan lebih mengutamakan makna dari sebuah kehidupan. Pada umumnya, mereka akan memusatkan kehidupannya pada hal-hal yng penting saja, seperti kenyamanan dan kebahagiaan.

Kehidupan minimalis tidak mendasarkan kebahagiannya kepada hal-hal yang bersifat material (uang, kekayaan, mobil atau yang lainnya).

Kebahagian yang sebenarnya adalah ketika menjalani kehidupan secara sederhana, nyaman dan damai, tidak memiliki beban dan bebas dari berbagai masalah.

Gaya hidup minimalis adalah kebalikan dari gaya hidup hedonis yang mengutamakan kesenangan dan kebahagian secara material.

Orang-orang yang mengikuti pola minimalis biasanya lebih menekankan kepada makna dan kualitas hidup. Secara prinsip, pola hidup seperti ini sangatlah baik dan mudah dilakukan

Ada banyak orang yang terkadang terjebak di dalam kecacauan dan kejahatan karena mereka fokus kepada kebahagiaan yang bersifat material.

Padahal kebahagian yang sebenarnya adalah ketika kita sehat secara jasmani dan rohani. Bisa hidup bersama denga keluarga dengan sederhana dan bahagia. Bagaimana dengan perjalanan hidupmu?

Memulai kehidupan minimalis tidaklah sulit, kebanyakan orang sudah bisa menikmati hidup dengan sederhana.

Hidup secukupnya dan hanya membeli barang-barang yang penting saja sudah hampir menjadi kebiasaan kita, kecuali mereka yang hedonis.

Seringkali keluarga-keluarga di sekitar lingkungan kita juga hidup sederhana dan bahagia. Mereka sangat rukun dan bisa tertawa dan tersenyum bersama.

Mengapa kehidupan minimalis menarik?

Kehidupan yang minimalis sangat menarik dikarenakan menawarkan sebuah kehidupan yang lebih berkualitas dan memberi makna.

Lihatlah di luar sana dengan seksama, ada banyak orang yang menghabiskan waktu dan kehidupannya dengan hal-hal yang sia-sia dan merugikan diri sendiri. Ada banyak orang yang sibuk mencari harta kekayaan sehingga lupa waktu dan lupa keluarga, sehingga mereka bercerai.

Selain itu, masih ada juga orang yang sibuk bekerja siang dan malam hanya untuk mencari kekayaan material, sehingga mereka lupa untuk istirahat dan tidur. Pada akhirnya mereka menjadi sakit parah.

Yang lebih mengerikan adalah masih banyak orang melakukan kejahatan hanya untuk untuk mencari kesenangan sesaat. Kehidupan minimalis membawa seseorang kepada gaya hidup yang memberikan warna dan makna yang sebenarnya.

Bagaimana dengan kehidupanmu hari ini? Apakah kamu bisa secukupnya sambil berusaha dan mengucap syukur atau justru fokus mengejar kebahagian secara material?

Kesimpulan

Artikel di atas telah menguraikan dan menjelaskan secara sederhana mengenai pola dan gaya hidup minimalis. Yang pada intinya adalah menekankan kepada kualitas dan kesederhanaan hidup.

mereka tidak fokus kepada kebahagian yang bersifat material, tetapi berfokus kepada hidup yang memberikan makna.

Mereka menjauhkan diri dari sifat hedonisme dan hidup dengan melakukan hal-hal yang positif dan membawa kepuasan secara batin. Kehidupan minimalis adalah kehidupan yang fleksibel, mudah tidak tidak ribet.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *