Phishing dan pencurian data, pengguna internet hati-hati!

Phishing dan pencurian data

Pishing sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk menunjukkan metode pencurian data melalui situs web, tautan atau link tertentu. Phishing dan pencurian data sering menjadi ancaman bagi para pengguna internet, karena informasi penting dan data pribadi bisa di curi.

Tujuan utama dari tindakan ini adalah untuk mencari keuntungan dari para korbannya, sehingga kalian perlu hati-hati dan waspada.

Biasanya, data-data pribadi yang telah dicuri digunakan untuk memeras para korbannya. Misalnya dengan menyebarluaskan foto dan video pribadi milik korban.

Secara umum, banyak pengguna internet yang tidak tahu dan memahami bahaya phishing. Hal disebabkan oleh minimnya pengetahuan masyarakat terhadap teknologi.

Sebagai contoh, banyak sekali akun media sosial facebook yang dihack oleh orang lain dan digunakan untuk tujuan yang tidak baik.

Sebagai contoh, facebook yang digack digukan untuk meminjam uang kepada korban atau menyebarluaskan video porno.

Phishing dan pencurian data

Phishing sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk tindakan kejahatan yang dilakukan secara online.

Di mana seorang penjahat akan melakukan penipuan melalui situs web palsu, tautan link atau melalui email untuk mendapatkan informasi dan data-data pribadi.

Data-data yang sering dicuri biasanya adalah nama dan kata sandi kartu bank, alamat rumah, nomor telepon, tempat bekerja dan informasi penting lainnya.

Oknum yang melakukan phishing pada prinsipnya adalah untuk mendapatkan keuntungan pribadi atau mereka sebagai orang bayaran. Data-data pribadi yang berhasil diperoleh tersebut akan disalahgunakan dan dijual, yang pada akhirnya adalah untuk mendapatkan uang.

Istila phishing sendiri dikenal sudah sejak lama, praktek penipuan secara online ini mulai berkembang dan populer sekitar tahun 1990-an. Pada era ini, penggunaan internet telah berkembang dengan pesat di banyak negara.

Namun sayangnya, perkembangan teknologi tersebut juga diikuti oleh perkembangan kejahatan secara online.

Belum lagi layanan e-commerce dan berbagai layanan perbankan yang telah beralih kepada digitalisasi juga memberikan dampak terhadap perkembangan kejahatan ini.

Walaupun ada banyak upaya dan cara untuk menangani dan memerangi kejahatan phishing, kasus pencurian data masih terjadi di mana-mana. Tentu hal ini menjadi ancaman yang serius bagi para pengguna internet saat ini.

Sebagai seorang yang aktif menggunakan internet dan media sosial, penting sekali untuk tetap waspada terhadap upaya phishing yang dilakukan oleh parah penjahat online.

Jangan menyebarkan informasi penting pada aplikasi media sosial dan gunakan kemanan internet supaya situs-situs palsu di block atau diblokir.

Waspada dan bijak menggunakan media sosia

Jangan mengklik tautan palsu yang disebarkan melalu pesan WhatsApp atau pesan di media sosial. Banyak sekali link-link palsu yang dibagikan di facebook dan menarik para pengguna untuk mengklik tauatan tersebut.

Oleh sebab itu, jangan pernah mengklik tautan apapun yang dibagikan oleh orang lain secara online secara sembarangan.

Apalagi gambar-gambarnya yang ditampilkan pada link tersebut menarik, waspadalah terhadap tautan dan situs palsu.

Gunakanlah internet dan media sosial dengan bijak. Data-data pribadi adalah data yang penting, jangan sampai para penjahat mencuri data dan informasi penting kalian.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *