Artikel tidak terindeks di Google, 5 cara jitu mengatasinya!

Artikel tidak terindeks

Artikel tidak terindeks seringkali mengandung SARA, informasi palsu, dibuat secara otomatis oleh Ai dan bukan hasil karya yang original. Google memiliki kecenderungan untuk selalu mengindeks artikel yang relevan dan memiliki kualitas yang tinggi, sehingga artikel asal-asalan sudah dipastikan tidak di indeks.

Artikel yang tidak memberikan informasi yang jelas tentu tidak memberikan manfaat dan tidak memiliki nilai tambah, sehingga google tidak mengindeks artikel tersebut.

Bagaimana caranya membuat artikel yang berkualitas dan memberikan manfaat bagi para pembacanya? Berkualitas di sini jangan diartikan sebagai sesuatu yang sulit, karena artinya sangatlah senderhana.

Berkualitas di sini berarti artikel yang dibuat harus memiliki tata bahasa yang baik, ringkas dan memiliki struktur yang jelas. Artikel panjang harus di tulis dengan menggunakan heading 1, heading 2, heading 3, heading 4 dan seterusnya.

Hal terpenting yang tidak boleh dilupakan adalah artikel yang dibuat harus original, jangan melakukan plagiat atau copy paste dari artikel orang lain.

Artikel tidak terindeks google

Uraian singkat di atas menolong kita semua untuk memahami penyebab dasar dari artikel tidak terindeks di Google, Bing atau Yahoo.

Dengan memahami penyebab dasar artikel tidak terindeks, pengguna blog dapat mengetahui penyebab dan akar masalahnya. Hal ini memungkinkan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Ada beberapa penyebab artikel sering tidak di indeks oleh Google, penulis akan uraikan secara sederhana dan juga cara mengatasinya.

1. Artikel berkualitas rendah dan cara mengatasinya

Konten artikel yang tidak memberikan informasi yang jelas bagi para pembaca tentu tidak memiliki nilai tambah. Artikel seperti ini seringkali tidak di indeks oleh Google.

Lalu konten artikel yang membahas topik-topik yang sama tanpa memberikan penjelasan lebih lanjut juga memiliki kualitas yang rendah. Oleh sebab itu, penting sekali untuk memperhatikan hal-hal ini, supaya artikel yang di tulis memiliki kualitas yang bagus.

Konten yang tidak berkualitas juga sering disebabkan oleh tata bahasa yang kurang bagus, kesalahan ejaan dan juga maksud yang sulit dipahami. Artikel seperti ini terkadang tidak di indeks oleh google karena di anggap tidak memiliki kualitas yang baik.

Apa yang harus dilakukan dengan artikel yang tidak berkualitas dan tidak diindeks oleh Google? Kalian bisa melakukan editing terhadap artikel tersebut, berikan perubahan pada judul dan isi.

Perubahan di sini adalah melakukan editing bukan menghapus ya! Jika sudah diperbaiki maka tunggulah beberapa hari, mungkin sekitar 5-10 hari. Jika artikel belum terindeks silahkan lihat keterangan di google console, apa penyebabnya!

2. Artikel tidak jelas atau tidak nyambung dan cara mengatasinya

Penyebab artikel tidak terindeks selanjutnya adalah konten tidak jelas. Maksudnya adalah judul dan isi artikel tersebut tidak sesuai atau tidak nyambung.

Memperbaikinya tentu tidak sulit, fokusah kepada judul yang telah dibuat. Selanjutnya buatlah sub-sub judul untuk menjelaskan dan juga mendeskripsikan maksud dari judul tersebut.

Jangan menulis kata-kata yang tidak berhubungan dengan judul yang telah dibuat. Jika belum memahami cara dan teknik menulis artikel yang panjang, sebaiknya kalian menulis artikel yang pendek saja.

Untuk memudahkan maka tulislah artikel sekitar 300-400 kata saja. Hal ini akan memudahkan kalian supaya judul dan isi tetap nyambung.

Perlu juga untuk diperhatikan bahwa artikel yang tidak diindeks terkadang mengandung kesalahan informasi atau memberikan informasi palsu.

Ada baiknya Jangan membuat artikel yang berisi informasi bohong, meskipun itu hanya sekedar opini penulis saja.

4. Artikel dan gambar hasil plagiat dan cara mengatasinya

Penyebab artikel tidak terindeks google selanjutnya adalah konten yang dibuat merupakan hasil plagiat atau copy paste. Jangan membiasakan mencuri karya orang lain, ini tidak etis dan juga melanggar hukum.

Jangan membuat konten otomatis dari Ai, karena artikel yang dihasilkan juga tidak berkualitas. Teknologi Ai digunakan untuk mencari dan menemukan ide, isi konten haruslah dibuat sendiri.

Jangan mengambil gambar dari situs orang lain, apalagi situs-situs yang memuat gambar yang berlisensi. Google tidak akan mengindeks artikel yang memiliki gambar yang mirip dengan situs orang lain.

Jika artikel tidak di indeks oleh google, mungkin ini menjadi salah satu penyebabnya. Cara mengatasinya cukup gampang, lakukan editing dan gunakanlah gambar-gambar gratis atau membuat gambar yang dibuat sendiri.

5. Kesalahan teknis: cek robot.txt pada situs Anda

Ada beberapa hal yang menyebabkan kesalahan teknis sehingga artikel dan halaman tidak terindeks di google. Pertama, periksa kembali robot.txt yang telah di buat, apakah ada kesalahan.

Kalian dapat memeriksa dan memastikan bahwa file robots.txt tidak menghalangi Googlebot untuk mengindeks halaman blog kalian. Metatag seperti <meta name= “robots” content=”noindex”> akan mencegah google untuk mengindeks halaman pada blog kalian.

Jika sudah memeriksanya semuanya, maka jangan lupa untuk menguji sitemap yang ada pada situs web/blog kalian. Pastikan bahwa halaman dan artikel yang telah diposting terdaftar di dalam sitemap situs kalian.

Kalian juga harus memastikan bahwa pengujian robots.txt harus memberikan respon 200 OK. Apabila halaman memberikan respon yang berbeda seperti kode 404 Not Found berarti terjadi kesalahan dan artikel tidak aka di indeks.

Jika muncul respon 503 Service Unavailable juga berarti ada kesalahan pada robots.txt, maka Google tidak akan mengindeks halaman pada blog kalian. Perbaiki robot.txt yang telah dibuat, pastikan kalian telah membuatnya dengan benar.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *