Manfaat tersenyum, 6 hal ini yang perlu kamu ketahui!

Manfaat tersenyum

Manfaat tersenyum yang perlu kamu ketahui adalah dapat menurunkan stres, mengurangi kecemaan dan dan mencegah penuaan dini. Tersenyum juga dapat membantu menurunkan horman kortisol, yakni hormon yang memberikan respon terhadap stres secara psikologis.

Ketika seseorang sedang stres dalam menghadapi masalah atau ancaman, maka tubuh akan melepaskan hormon kortisol. Akibatnya, seseorang akan mudah lelah dan tidak bersemangat lagi, kosentrasi mereka juga semakin menurun.

Apabila seseorang sering mengalami stres dalam jangka waktu yang panjang, maka produksi hormon kekebalan tubuh pun akan menurun. Stres akan membuat seseorang mudah terserang berbagai penyakit.

Jika manfaat tersenyum begitu banyak, mengapa kita harus bersungut-sungut dan marah-marah? Mulailah untuk mengawali pekerjaan dan hari-harimu dengan senyuman dan keceriaan.

Manfaat tersenyum bagi tubuh

Tersenyum dalam melakukan banyak hal dapat memberikan energi yang positif bagi tubuh. Wajah yang ceria dapat merangsang pelepasan hormon endorfin, dopamin dan serotonin ke dalam otak untuk membantu mengurangi stres.

Perlu diketahui bahwa stres berlebihan bisa mempercepat penuaan dini pada diri seseorang, khususnya penuaan kuliat. Jika stres bisa menyebabkan penuaan dini dan berbagai penyakit, mengapa tidak mencoba untuk tersenyum dengan bahagia?

Apakah membiasakan tersenyum itu sulit? Apakah di dalam lingkungan keluarga tidak ada hubungan emosional yang hangat, sehingga lingkungan keluarga menjadi sangat kaku?

Jadilah orang pertama untuk menciptakan suasana yang hangat, ramah dan penuh kebahagiaan. Berikut ini ada manfaat ketika seseorang tersenyum setiap hari.

1. Manfaat tersenyum pertama: Menunda penuaan dini

Tidak tersenyum memang tidak memberikan dampak langsung terhadap penuaan dini pada diri seseorang. Namun efek suasana bahagia melalui senyuman dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh.

Orang-orang yang bahagia dapat menikmati kehidupannya secara tenang dan cenderung kelihatan lebih awet muda. Apakah kalian pernah melihat seseorang yang masih muda tetepi wajahnya kelihatan tua?

Kemungkinan penuaan dini disebabkan oleh stres tingkat tinggi. Oleh sebab itu, penting sekali untuk menciptakan hati yang bahagia dan hidup dengan ucapan syukur.

2. Memberikan energi positif

Manfaat tersenyum tentu bisa memberikan energi positif kepada diri sendiri maupun kepada orang lain. Tersenyum dapat memberikan energi positif, baik kepada diri sendiri maupun kepada orang lain di lingkungan sekitar.

Ketika kalian tersenyum maka otak akan merespons dan melepaskan neurotrasmiter ke sel-sel berikutnya di dalam tubuh.

Neurotrasmiter akan menghasilkan perasaan bahagia dan rileks. Ketika seseorang merasa bahagia dan rileks maka akan memberikan dampak positif pada kesehatan tubuh.

Ketika tersenyum kepada orang lain, seringkali mereka juga akan merespon dengan senyuman juga. Senyuman pada tempatnya akan memberikan dampak positif bagi lingkungan keluarga maupun lingkungan tempat bekerja.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat tersenyum yang ketiga adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Suasana hati yang tenang dan senyuman bahagia dapat meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh.

Suasana hati yang damai dan di ikuti dengan senyuman yang ramah kepada rekan dan teman-teman kerja juga memberikan stimulus kepada tubuh.

Otak akan memberikan respon dengan melepaskan neurotransmiter yang sel-sel saraf di dalam tubuh dan produksi imun di dalam tubuh akan meningkat.

4. Meningkatkan hubungan sosial

Senyuman juga bisa memberikan dampak positif kepada orang lain, komunikasi yang ramah dapat membuat seseorang merasa senang.

Orang-orang yang ramah dan tidak kaku cenderung akan memiliki koneksi dan teman yang lebih banyak. Mereka dapat berkomunikasi secara positif dan membuat suasana menjadi hangat dan bersahabat.

Jika tersenyum itu baik mengapa harus kaku dan jutek, hehehe. Jadilah pohon yang menghasilkan buah yang manis, supaya mereka yang ada disekitarmu dapat merasakan manfaatnya.

Senyuman juga menjadi petunjuk tentang kepercayaan diri dan kenyamaan seseorang di dalam lingkungan sosial tertentu.

5. Disukai banyak orang

Ada banyak fakta yang menunjukkan bahwa orang-orang yang ramah dan mudah tersenyum akan lebih banyak disukai oleh orang lain.

Hal ini dikarenakan bahwa mereka yang memberikan senyum pada tempatnya akan memberikan kesan positif bagi orang lain.

Sebagai contoh: jika kalian membeli roti di sebuah toko dan penjulnya jutek dan cuek, maka bagaimana perasaan Anda? Tentu saudara akan malas membeli lagi di toko tersebut.

Namun ketika kalian membeli air mineral di toko lain dan didapati penjualnya sangat ramah, tentu kalian akan merasa nyaman. Ini menunjukkan bahwa senyuman yang ramah dapat memberikan kesan yang positif.

6. Manfaat tersenyum terakhir: Jantung menjadi sehat

Hati yang tenang dan senyuman yang ramah menunjukkan bahwa seseorang sehat secara rohani. Artinya ada kedamaian dan sukacita di dalam hidupnya.

Suasana hati yang bahagia tentu akan membuat seseorang menjadi rileks, tenang dan tidur secara teratur. Tidur secara teratur dapat membuat jantung menjadi sehat dan peredaran darah menjadi lancar.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *