Strategi SEO on-Page pada blog, perhatikan 9 langkah ini!

Strategi Seon on-Page

Strategi SEO on-Page adalah adalah serangkain metode dalam memaksimalkan halaman web supaya terindeks dan menempati urutan pertama. Pengoptimalan meliputi judul konten, struktur tulisan, tata bahasa, kualitas/isi konten dan penggunaan kata kunci yang tepat dan relevan.

Strategi SEO (Search Engine Optimization) memang sangat familiar di dalam dunia blogging. Tujuan utama dari strategi ini adalah untuk meningkatkan ranking dan juga lalu lintas pada situs web.

Mengingat tahun demi tahun pengguna blogger semakin bertambah, sehingga menimbulkan persaingan yang ketat di antara banyak pengguna.

Mari kita cek seberapa banyak pengguna blog di internet. Silahkan ketik kata kunci “Seo on Page” lalu tekan “Enter.” Jika sudah menekan enter maka akan muncul jutaan blog yang menulis atau memiliki hubungan dengan kunci tersebut.

Berdasarkan analisa tersebut, maka persaingan situs web sangat ketat sekali baik secara nasional maupun secara global.

Oleh karena itu, memahami dasar-dasar strategi SEO pada blog begitu penting, sehingga bisa menerapkannya pada blog yang kita buat. Jika strategi tersebut tepat, maka blog telah dibuat setidaknya dapat bersaing dengan situs-situs web orang lain.

Apakah kalian sudah siap bersaing untuk mengembangkan blog yang profesional? Jika sudah siap maka artikel ini akan membahas secara sederhana mengenai cara menerapkan strategi SEO yang maksimal pada blog.

Strategi SEO on-Page dan penerapannya

Strategi Seo on-Page pada blog adalah untuk meningkatkan pengunjung organik dan lalu lintas pada blog. Lalu lintas ini akan mendatangkan pengunjung dalam jumlah yang besar, sehingga bisa menjadi ladang untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah dari AdSense.

Tidak ada strategi Seo yang benar dan salah, karena keberhasilan dari teknik ini adalah pengunjung organik. Siapapun yang berhasil mendatangkan pengunjung organik dalam jumlah yang besar maka penerapannya strateginya berhasil.

Oleh sebab itu, jangan dibingungkan oleh beberapa klaim dari pihak-pihak tertentu mengenai strategi Seo yang bagus atau jitu. Apalagi mereka menawarkan jasa dengan harga yang lumayan mahal, lebih baik menerapkan strategi secara mandiri.

1. Strategi Seo on-Page pada blog: Judul deskriptif dan menarik

Strategi Seon on-Page yang pertama adalah menentukan juduul yang deskriptif dan menarik. Judul artikel akan menentukan dan menggambakan isi dari artikel tersebut, sehingga pilihlah judul yang mendeskripsikan konten kalian.

Apabila tulisan yang dibuat panjang dan mencapai 700-1000 kata maka buatlah judul yang merangkum semua isi artikel tersebut. Mengapa demikian? Tujuannya supa judul dan isi artikel nyambung dan sesuai.

Jangan membuat artikel yang menipu dan menarik perhatian para pengunjung untuk mengklik. Hal ini akan berdampak buruk terhadap kualitas blog kalian di masa depan.

Pilihlah judul yang deksriptif dan juga menarik, supaya artikel di dalam blog kalian lebih berkualitas dan menumbuhkan kepercayaan para pengunjung.

2. Menentukan kata kunci yang tepat

Strategi Seo on-Page pada situs web memang sangatlah penting, supaya halaman dapat terindeks oleh mesin telusur. Cara yang kedua adalah dengan menentukan kata kunci yang tepat dan relevan pada semua artikel.

Ketika kalian menulis dan menerbitkan sebuah artikel, maka jangan lupa untuk menyisipkan beberapa kata kunci pada bagian artikel.

Sebaiknya kata kunci tersebut ada di dalam judul, di awal paragraf, bagian tengah paragraf dan bagian akhir atau di bagian kesimpulan. Kata kunci ini tergantung dengan panjang konten artikel yang telah dibuat.

Apabila artikel yang dibuat terdiri dari 350-500 kata maka tiga kata kunci sudah cukup. Namun jika panjang artikel mencapai 1000 kata lebih maka kata kunci setidaknya ada enam sampai delapan.

Kata kunci tersebut untuk menunjukkan bahwa artikel yang telah dibuat relevan dan sesuai antara judul dan isi konten. Dengan kata lain, isi konten mendeksripsikan judul.

Oleh sebab itu, pemilihan judul dan kata kunci yang rekevan membutuhkan analisa yang baik. Kata kunci mengintegrasikan judul, sub-sub judul artikel, isi artikel, tag meta, url dan juga gambar.

3. Membuat artikel yang berkualitas

Membuat artikel yang berkualitas tentuk membutuhkan analisa yang baik. Pertama-tama pilihlah topik yang ingin dibahas dan ditulis.

Langkah selanjutnya adalah menganalisa judul tersebut, apa yang akan kalian bahas melalui judul tersebut? Apakah menyampaikan sebuah informasi penting, memecahkan masalah, memberikan pendidikan, memberikan edukasi atau menyampaikan yang lain?

Hal ini penting sekali upaya artikel tersebut memiliki judul dan isi konten yang jelas. Apabila sudah mendapatkan tujuan yang jelas maka barulah kalian menulis artikelnya.

Tulislah artikel yang menarik dan menggunakan tata bahasa Indonesia yang baik. Jangan melakukan plagiat ataupun mengambil dan melakukan parafrase artikel orang lain, kecuali mendapatkan ijin dari pemiliknya.

Tulisan original dengan topik yang menarik dan tujuan yang jelas tentuk memiliki kualitas yang baik. Hal ini memungkin blog dapat diterima menjadi patner AdSense dengan cepat.

4. Strategi Seo on-page keempat: Membuat deskripsi meta

Deskripsi meta sendiri merupakan deskripsi singkat mengenai artikel yang telah dibuat dan dimasukan pada kode html pada halaman tersebut. Deskripsi meta biasanya akan ditampilkan oleh mesin telusur dihasil pencarian atau sebagai cuplikan dari konten pada halaman blog.

Dengan kata lain, deskripsi meta memiliki fungsi untuk memberikan gambaran singkat kepada para pengguna ketika mereka mencari informasi melalui mesin telusur.

Ketika para pengguna menuliskan kata kunci, maka deskripsi meta yang paling relevan akan muncul paling atas pada hasil pencarian.

Oleh sebab itu, buatlah deskripsi meta yang tepat sesuai dengan isi konten kalian. Deskripsi tersebut membantu para pengguna untuk menentukan pilihan ketika sudah membaca deskripsi meta pada halaman blog dari berbagai sumber.

Apabila berbagai deskripsi tersebut sesuai, maka para pengguna akan melakukan klik dan mengunjungi blog tersebut.

5. Gunakan sub-sub judul

Strategi Seo on-Page yang kelima adalah menggunakan sub-sub judul pada artikel yang ditulis. Sub-sub judul ini akan mempermudah para pembaca memahami maksud tulisan tersebut.

Pengunjung akan lebih tertarik pada artikel yang memiliki sub-sub judul dari pada artikel dengan satu halaman penuh. Sub-sub judul pada artikel juga membantu para pengunjung memahami isi konten tersebut dengan mudah.

Dampaknya, semua informasi dalam artikel tersebut dapat dibaca dan dipahami dengan mudah. Dengan adanya sub-sub judul tersebut maka artikel memiliki struktur yang sistematis dan enak di baca.

Para pembaca juga dapat membaca sub-sub judul yang menurut mereka lebih menarik. Apabila kalian membuat artikel yang panjang, maka buatlah sub-sub judul yang jelas dan sesuai dengan topik.

6. Membuat internal link

Strategi Seo on-Page yang keenam adalah dengan membuat internal link atau tautan internal. Tujuannya adalah untuk membantu menavigasi antara halaman-halaman dalam situs web kalian dengan mudah.

Intenal link juga membantu para pengunjung untuk menemukan berbagai topik artikel yang saling berkaitan atau berhubungan dengan cepat. Tanutan internal juga dapat membantu meningkatan otoritas halaman-halaman yang baru.

Dari beberapa penjelasan di atas dapatlah diketahui bahwa iternal link sangat penting bagi sebuah blog. Selain memudahkan pengunjung menemukan konten-konten yang saling berhubungan, tautan internal juga bisa mengurangi bounce rate pada blog kalian.

Tautan internal pada sebuah blog juga dapat membantu mesin telusur menemukan, mengindeks dan memahami struktur dari blog kalian.

Dengan demikian, kinerja Seo on-Page pada halaman blog kalian dapat memberikan peringkat yang lebih baik dalam hasil penelusuran.

7. Membuat backlink

Backlink masih menjadi bagian penting dalam dunia blogging dalam meningkatkan domain authority (DA) dan juga page authority (PA).

DA PA yang tinggi masih menjadi salah satu ukuran dalam menentukan peringkat pada situs web. Untuk meningkatkan domain authority (DA) dan juga page authority (PA) maka dibutuhkan backlink yang berkualitas.

Dengan kata lain, semakin banyak backlink berkualitas pada situs web kalian maka otoritas situs web akan semakin tinggi. Hal ini akan memungkin situs web menduduki peringkat atas pada hasil pencarian.

Peran dan fungsi backlink memang masih banyak menimbulkan berbagai perdebatan, tetapi yang jelas backlik mampu meningkatkan DA PA pada blog.

Oleh sebab itu, jangan lupa untuk membuat backlink yang berkualitas atau melakukan kerjasama dengan cara tukar backlink.

8. Situs harus mobile friendly

Strategi Seo on-page yang kedelapan adalah situs web harus mobile friendly. Melihat perkembangan teknologi yang semakin maju maka perangkat seluler masih menjadi pilihan utama masyarakat untuk mengakses internet.

Oleh sebab itu, situs web kalian harus dioptimalkan supaya ramah dan mudah diakses melalui ponsel. Pengoptimalan ini meliputi tampilan blog pada ponsel, tata letak dan juga navigasi, sehingga memudahkan para pengunjung.

Konten yang ditata dan diatur dengan baik tentu akan menarik perhatian para pengguna. Apabila situs web ramah dan mudah di navigasi pada ponsel maka lalu lintas dan pengunjung blog kalian akan terus meningkat.

9. Uji kecepatan halaman situs

Strategi Seo on-Page yang terakhir adalah memaksimalkan kecepatan pada halaman situs web. Mengapa hal ini penting?

Situs web yang lambat dan loading terlalu lama tentu memberikan pengalaman buruk terhadap para pengunjung blog. Mereka menjadi malas dan tidak akan mengunjungi blog kita lagi karena terlalu lama menunggu.

Oleh sebab itu, lakukanlah optimasi dengan memaksimalkan template dan gambar pada blog. Ujilah situs web kalian sesering mungkin, supaya dapat menemukan penyebab dan kendala mengapa situs web menjadi lambat.

Apabila masalah seperti dibiarkan dan tidak cepat ditangani maka tamatlah situs web kalian, karena para pengunjung blog menjadi malas mengakses situs kalian.

Kesimpulan: Strategi Seon on-Page

Strategi Seo on-Page pada blog memangmemberikan manfaat yang besar pada situs web atau blog. Setidaknya, penerapan Seo on-Page bisa memberikan perlawanan terhadap artikel-artikel yang berasal dari situs web yang memiliki DA PA lebih tinggi.

Mengapa demikian? Seo pada halaman situs juga mendapatkan perhatian khusus oleh mesin telusur, khususnya oleh Google.

Hal ini memungkin situs web/blog yang memiliki konten Seo on-Page akan tampil pada halaman pertama pada hasil pencarian. Meskipun DA PA memberikan pengaruh yang besar namun kualitas Seo on Page juga menjadi perhatian utama.

Ada baiknya, peningkatkan DA PA pada blog juga dipikirkan dan penerapan Seo pada halaman situs juga semakin ditingkatkan. Dan yang paling penting adalah luangkan waktu untuk menerbitkan artikel setiap hari.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *