Bahaya Spyware yang harus diwaspadai pengguna internet!

bahaya spyware

Bahaya Spyware adalah mampu melakukan operasi atau misi secara diam-diam, mengendalikan perangkat, memonitor dan mencuri data para korbannya. Spyware akan memata-matai dan merekam semua aktivitas, mengumpulkan berbagai informasi penting dan mencuri data-data pribadi milik para korban.

Akibatnya, para korban akan sangat dirugikan sekali. Belum lagi pengetahuan masyarakat yang masih awam akan hal inisehingga bahaya seperti ini seringkali diabaikan.

Perangkat paa korban akan dikendalikan dari jarak jauh dan segala aktivitas dan kegiatannya akan direkam.

Data-data yang sering dicuri adalah nama dan kata sandi bank, kata sandi email, kata sandi akun media sosial dan juga alamat rumah.

Tidak heran jika ada banyak akun media sosial yang di retas dan digunakan untuk melakukan tindakan kejahatan dan perilaku yang tidak “senonoh.” Misalnya digunakan untuk mengungguh konten-konten porno atau digunakan untuk meminjam uang kepada teman-teman korban.

Artikel ini akan membahas secara lengkap mengenai pengertian, bahaya spyware bagi pengguna internet dan cara melindungi diri ancaman berbahaya ini.

Bahaya Spyware bagi pengguna internet

Bahaya spyware bagi pengguna internet memang sudah meresahkan sekali. Indonesia sendiri masih sangat lemah dalam menangani kasus-kasus seperti ini.

Dapatlah dikatakan bahwa kemanan siber sepertinya belum siap mengatasi perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Oleh sebab itu, para pengguna internet haruslah bijak dan hati-hati ketika menginstal aplikasi-aplikasi yang tidak dikenal.

Seringkali spyware disembunyikan atau disusupkan ke dalam perangkat lunak atau aplikasi yang beredar di internet. Kemungkinan juga bisa disusupkan ke dalam aplikasi-aplikasi yang tampaknya juga sah dan legal.

Apabila aplikasi tersebut telah terinstal di dalam ponsel atau komputer maka spyware akan beroperasi secara diam-diam dibelakang layar.

Tujuannya untuk mengumpulkan data sesuai keinginan dari oknum yang mengendalikan spyaware tersebut. Berikut ini ada beberapa bahaya spyware yang patut untuk diwaspadai oleh para pengguna internet.

1. Bahaya spyware bagi pengguna internet: Mencuri data para korban

Spyware dirancang dan diprogram untuk tujuan tertentu oleh para pembuatnya. Tentulah hal ini membutuhkan pengetahuan dan skill yang tinggi, karena tidak semua orang bisa melakukannya.

Oleh sebab itu, berhati-hatilah ketika sedang berselanjar di dunia maya dengan menggunakan internet. Jangan mendownload aplikasi-aplikasi yang yang tidak resmi, karena kemungkinan besar di susupi oleh spyware.

Spyware dirancang untuk mencuri data-data penting para korbannya, seperti informasi login mobile banking, informasi login akun media sosial serta nama dan pin kartu bank. Secara prinsip perangkap lunak ini dirancang untuk mencuri informasi dan melakukan penipuan.

2. Merekam dan memonitor

Spyware yang masuk ke perangkat pengguna seperti ponsel dan komputer tidak akan terdeteksi oleh si korban. Akibatnya, perangkat ini akan melacak dan memantau aktifitas penggunanya secara real-time.

Karena spyware ini memantau semua aktivitas penggunnya, maka seluruh kegiatan informasi dapat terekam dan dicuri.

Misalnya penelusuran web, informasi login dan sandi, aplikasi yang digunakan, pesan WhatsApp, pesan teks dan juga seluruh panggilan telepon.

Apabaila melihat kemampuan dari spyware ini tentu sangatlah menakutkan sekali. Gunakanlah ponsel dan komputer kalian dengan bijak dan mengakses hal-hal yang baik.

Gunakan aplikasi-aplikasi yang berasal dari dari Play Store dan jangan menginstal aplikasi dari situs-situs internet yang tidak jelas.

3. Kemampuan melacak lokasi pengguna

Selain mencuri data dan memonitor para korbannya, spyware juga memiliki kemmpuan untuk melacak keberadaan korbannya melalui GPS.

Apabila perangkat pengguna telah disusupi oleh spyware maka kemungkinan besar keberadaan pengguna dapat dideteksi secara real-time. Artinya, kapanpun dan di manapun mereka berada, posisi korban dapat selalu di ketahui.

Mengerikan sekali jika ini terjadi, sepertinya mereka lebih canggih dari polisi untuk menemukan secara cepat posisi para korbannya.

4. Mengendalikan perangkat pengguna

Dampak yang paling mengerikan dari bahaya spyware adalah kemampuannya yang bisa mengendalikan perangkat penguna dari jarak jauh.

Dalam banyak kasus, spyware yang sudah masuk ke dalam perangkat mampu mengambil alih kontrol perangkat si korban. Tentulah hal ini memungkinkan penjahat untuk melakukan berbagai kejahatan secara online.

Misalnya mengirim pesan teks kepada teman-teman korban dan mendapatkan lebih banyak informasi. Penjahat dapat dengan mudah menjalankan aplikasi dan mengontrol penggunaan perangkat secara ilegal dan tanpa ijin.

Apabila hal ini benar-benar terjadi maka para korban akan mengalam kerugian yang sangat besar sekali. Mengingat informasi mengenai data-data yang telah dicuri, tentu ada kemungkinan untuk disebarluaskan secara tidak bertanggung jawab.

5. Cara mengatasi bahaya spyware

Cara mengatasi ancaman dari spyware memang tidaklah mudah, tetapi hal ini bisa dicegah. Pertama, jangan menginstal aplikasi yang tidak resmi, misalnya aplikasi yang bukan berasal dari Play Store.

Mengapa demikian? Karena aplikasi yang disusupi spyware biasanya tidak akan dijual atau masuk di Play Store, karena akan melewati verifikasi keamanan.

Kedua, jangan mudah percaya dengan aplikasi-aplikasi palsu yang memberikan berbagai bonus hadiah bagi pengguna yang menginstal aplikasi tersebut.

Ketiga, jangan mengunjungi situs-situs web yang terlarang atau mengklik tautan-tautan palsu. Keempat, gunakan antivirus canggih untuk melindungi perangkat kalian.

Ada banyak antivirus canggih yang dapat melindungi perangkap ponsel dan juga komputer dari serangan dan ancaman spyware.

Gunakanlah perangkat anda dengan tepat dan juga bijak, supaya terhindar dari berbagai tindak kejahatan secara online.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *