Antivirus komputer memberikan perlindungan dari serangan virus, malware dan juga phishing

Antivirus komputer

Antivirus komputer sangatlah penting karena memiliki fungsi untuk mengetahui, mencegah, mendeteksi dan menghapus berbagai ancaman virus berbahaya yang masuk ke perangkat.

Ancaman serangan malware bisa terjadi kapan saja, mengingat akses internet yang tanpa batas bisa menimbulkan berbagai kejahatan secara online.

Read More

Pada umumnya, berbagai virus disebarkan melalui tautan-tautan tertentu, melalui file, aplikasi dan juga situs web. Virus tersebut disebarkan secara sengaja untuk mencari target atau korban.

Apabila menggunakan perambanan Google atau Google Chrome maka akan muncul peringatan keamanan untuk situs-situs yang berbahaya. Jangan mengunjungi situs tersebut, karena ada kemungkinan situs tersebut di susupi oleh berbagai virus.

Kebanyakan para korban hacker adalah pengguna internet yang aktif dan suka menjelajahi berbagai situs web dengan menggunakan VPN (virtual private network).

Akses internet tanpa perlindungan tentu sangatlah berbahaya, sehingga berhati-hatilah ketika menggunakan VPN untuk situs-situs yang dilarang.

Antivirus komputer, mengapa sangat penting?

Mengapa Antivirus sangat penting sekali bagi perangkat kita? Apakah laptop atau komputer yang kalian miliki sudah terinstal antivirus?

Pertanyaan-pertanyaan di atas penting sekali untuk dipahami oleh para pengguna internet yang menggunakan laptop atau komputer.

Antivirus komputer memiliki fungsi untuk mengetahui atau mendeteksi keberadaan virus pada laptop atau PC yang kalian digunakan.

Selain mendeteksi, antivirus tersebut memiliki fungsi untuk mencegah dan melumpuhkan. Selanjutnya anti virus menghapus berbagai ancaman virus berbahaya yang masuk ke dalam sistem komputer.

Ada banyak program-program berbahaya atau situs-situs tertentu yang sengaja disusupi oleh berbagai jenis virus. Tujuannya adalah untuk memata-matai dan juga mencuri data para pengguna atau pengunjungnya.

Antivirus akan mendeteksi keberadaan malware yang berbahaya seperti worm, trojan, ransomware, spyware, dan berbagai jenis virus lainnya.

Virus ini bekerja secara silent atau senyap, sehingga targetnya tidak akan menyadari jika komputer atau laptop mereka telah terinfeksi dan data-data pribadi mereka dicuri.

Manfaat Antivirus komputer

Antivirus dapat memindai berbagai file dan program yang ada di dalam komputer untuk mencari dan menemukan tanda-tanda malware.

Malware sendiri merupakan perangkat lunak yang berupa virus, trojan, worm, spyware yang dapat merusak sitem perangkat komputer kalian.

Virus-virus tersebut bukan hanya merusak sistem yang ada pada komputer, tetapi juga dapat mencuri data-data pribadi kalian.

Berbagai jenis virus tersebut telah dibuat dan diprogram sesuai intruksi dari pembuatnya. Virus-virus tersebut akan disebarkan atau di susupkan melalui website, iklan atau tautan-tautan tertentu.

Dengan adanya antivirus maka bahaya dan ancaman serangan malware dapat dicegah. Oleh sebab itu, banyak sekali manfaat dan kegunaan dari antivirus.

1. Mendeteksi malware dan mencegah infeksi

Antivirus berfungsi untuk mendeteksi keberadaan virus lebih awal, supaya komputer kalian lebih aman. Anti virus tersebut akan memindai seluruh file dan berbagai program yang ada di dalam komputer secara berkala.

Dengan pemindaian yang rutin maka keberadaan virus-virus tersebut dapat di deteksi dan di atasi. Berhati-hatilah jika sedang berselancar di berbagai situs internet, karena serangan virus akan selalu ada.

Antivirus juga berfungsi sebagai pencegah. Artinya bahwa anti virus berfungsi ntuk menganalisa berbagai perilaku dan tanda-tanda yang mencurigakan. Khususnya data-data dari flashdisk atau file-file yang baru dipindahkan.

Dengan adanya anti virus pada komputer atau laptop kalian, maka data-data penting bisa terlindungi dengan aman.

2. Membersihkan, mengkarantina dan menghapus

Selain pencegahan di awal, antivirus juga berfungsi untuk menemukan malware di dalam perangat komputer. Anti virus tersebut akan memindai dan menemukan malware tersebut, lalu membersihkan dan juga menghapusnya.

Apabila dalam pemindaian dideteksi virus berbahaya di dalam sistem komputer maka file-file yang dianggap berbahaya akan dikarantina. Hal ini berarti file-file tersebut akan dipindahkan ke lokasi yang lebih aman di dalam sistem.

Karantina akan menyebabkan file-file tersebut tidak dapat diakses, ini berarti virus tersebut tidak dapat menyebar dan merusak sistem komputer.

Setelah file-file yang berbahaya tersebut di karantina maka antivirus akan membersihkan file yang terinfeksi tersebut atau mengembalikan kepada kondisi semula.

Namun jika pembersihan tersebut tidak bisa dilakukan maka file-file yang rusak tersebut akan dihapus dari sitem atau perangkat komputer kalian.

Pada umumnya, Antivirus akan memberi tahu kepada para pengguna mengenai tindakan yang diambil terhadap file-file yang berbahaya tersebut.

Biasanya dapat berupa beebrapa laporan yang menunjukkan hasil pemindaian dan tindakan yang diambil oleh antivirus.

3. Memperbaharui definisi Malware

Memperbaharui definisi malware berarti proses untuk mengenali berbagai kumpulan informasi yang ditemukan.

Antivirus komputer akan bekerja berdasarkan informasi yang diperoleh dalam mengenali dan membedakan file atau program yang berbahaya dengan yang aman.

Pembaharuan definisi malware sangatlah penting untuk menghadapi berbagai ancaman dari varian atau jenis virus baru. Biasanya malware yang baru dapat menyebar dengan cepat melalui koneksi internet dalam waktu yang singkat.

Dengan demikian, anti virus harus mampu menganalisa dan mengidentifikasi dan melindungi perangkat pengguna dengan cepat pula.

Pembaharuan definisi malware ini membutuhkan koneksi internet yang stabil, sehingga antivirus dapat mengunduh dan memperbaharui sistem keamanannya yang terbaru dari server pusat antivirus tersebut.

Dengan analisa dan memperbaharui jenis dan ciri-ciri virus yang menyerang maka antivirus akan melakukan update. Dengan demikian, anti virus dapat meningkatkan kemampuannya secara berkala dan melindungi perangkat milik penggunanya dengan baik.

4. Proteksi real-time

Proteksi secara real-time berarti antivirus memiliki kemampuan untuk secara setiap waktu untuk memantau aktivitas sistem, termauk file yang masuk dan keluar dari perangkat.

Antivirus memberikan perlindungan dan bekerja secara aktif di latar belakang sistem. Anti virus juga memantau dan memeriksa setiap tindakan yang dilakukan oleh pengguna atau sistem operasi perangkat.

Perlindungan setiap waktu berarti antivirus memantau seluruh aktivitas pada sistem operasi dan perangkat.

Perlindungan dimulai saat pengguna menjalankan program, mengunduh file atau memindahkan file dan menjelajahi berbagai web melalui internet.

5 Perlindungan terhadap Phishing

Antivirus juga bisa melindungi dari berbagai kejahatan phishing. Phishing sendiri merupakan istilah yang menunjuk kepada tindakan mengelabuhi atau menipu. Tujuan adalah untuk mendapatkan informasi penting dari targetnya.

Informasi penting tersebut seperti data-data pribadi dan kata sandi kartu bank, kata sandi akun email atau kata sandi akun media sosial seseorang.

Antivirus komputer akan mengidentifikasi dan memblokir situs-situs web berbahaya, menyaring pesan email dan tautan-tautan berbahaya.

Anti virus akan melakukan analisa terhadap URL dan domain pada web yang dikunjungi oleh pengguna. Lalu menbandingkannya dengan daftar situs-situs web phishing yang diketahui berdasarkan algoritma, jika berbahaya maka situs tersebut akan diblokir.

Jangan memaksakan diri untuk masuk menggunakan VPN terhadap situs web atau tautan-tautan yang diblokir oleh anti virus, karena bisa saja kalian kena phishing.

Kesimpulan

Antivirus pada komputer atau laptop tentu sangatlah penting karna memberikan perlindungkan secara real-time kepada pengguna. Semua file dan data-data penting dapat terlindungi dan program pada sistem komputer tidak menjadi rusak.

Data-data mengenai pekerjaan ataupun data-data pribadi bisa lebih aman. Jangan mengakses situs-situs yang berbahaya, karena kemungkinan besar web tersebut disusupi oleh berbagai jenis malware yang berbahaya.

Pastikan antivirus pada perangkat anda selalu aktif, supaya dapat memberikan keamanan dan perlindungan setiap waktu. Jika hari ini komputer kalian tidak memiliki anti virus maka berhati hatilah terhadap phishing dan pencurian data-data pribadi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *