Belanja online, manfaat dan berbagai dampaknya

Belanja online

Belanja online sudah menjadi gaya hidup sebagian besar masyarakat dari segala penjuru nusantara, karena caranya cukup mudah dan simpel. Bahkan ada banyak ibu-ibu maupun anak-anak muda yang sudah ketagihan belanja secara online, karena bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Selain itu, tersedia berbagai promo dan barang-barang yang lebih murah jika dibanding dengan membeli di toko atau di Mall. Bahkan ada banyak orang yang setiap minggu atau setiap bulan punya jadwal khusus untuk berbelanja, tentu hal ini sudah menjadi haya hidup.

Tentu hukum ekonomi di sini bekerja, jika pendapatan semakin besar maka pengeluaranpuns emakin besar. Daya beli masyarakat yang meningkat memang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi suatu negara, khususnya para pelaku usaha UMKM. Bagaimana dengan Anda, apakah suka membeli barang-barang secara online?

Belanja online, manfaat dan dampaknya

Belanja adalah salah satu kegiatan manusia untuk memennuhi berbagai kebutuhan primer maupun kebutuhan sekunder. Karena perkembangan zaman dan teknologi yang semakin canggih, munculah berbagai platform media sosial yang menjadi tempat jual beli.

Di antaranya adalah Facebook, Tiktok, Instagram, Tokopedia dan ada juga Shopee. berbagai kemudahan di dalam melakukan pembelian dan pembayaran juga menjadi penyebab meningkatnya jual beli secara online.

Manfaat dari belaja secara online yang pertama adalah masalah kenyaman

Mengapa demikian? Membeli barang-barang secara online bisa dilakukan dengan mudah, tanpa ribet dan bisa dilakukan kapan saja. Kalian tidak perlu ke luar rumah atau keluar kantor, mengingat cuaca panas yang sedang melanda berbagai kota di Indonesia.

Selaian proses belanjanya yang cukup mudah, pembayarannya juga tidak ribet karena tidak harus menggunakan kartu kredit. Ada berbagai bentuk pembayaran yang tersedia, baik melalui bank transfer, atau menggunakan E-Walet atau dompet digital seperti Dana, Ovo, Gopay atau LinkAja.

Berbagai macam alat pembayaran yang tersedia bisa membuat pembayaran dan transaksi kamu lebih mudah dan efisien.

Manfaat yang kedua adalah bisa menghemat waktu dan tersedia banyak model dan pilihan

Sadar atau tidak sadar e-commerce telah memanjakan para pelanggannya dengan berbagai kemudahan dan juga kenyamanan.

berbagai model dan pilihan barang dapat diakses dengan mudah, bahkan bisa membanding harga barang sama dari berbagai toko secara real-time. Hal ini tidak bisa dilakukan ketika membeli barang secara langsung di toko atau di swalayan.

Manfaat yang ketiga mengemat waktu dan haraganya jauh lebih murah dan kualitasnya juga bagus

Belanja online dapat menghemat waktu dan biaya perjalanan, hal ini berbeda ketika membeli barang secara langsung di toko tertentu atau swalayan.

Adakalanya biaya perjalanan lebih banyak dari pada biaya yang dikeluarkan untuk membeli barang-barang terntentu. Belum lagi biaya untuk makan siang dan juga biaya-biaya lainnya. Selain itu, belanja secara online akan selalu mendapatkan penawaran dan diskon yang menarik. Diskon seperti ini tidaklah tersedia di toko fisik.

Kesimpulan: belanja online

Belanja secara online memberikan berbagai manfaat dan juga dampak bagi pertumbuhan ekonomi, khususnya para pelaku usaha UMKM. Perekonomian dan bertumbuh dan pendapatan masyarakat semakin bertambah.

Selain itu, belanja barang secara online menjadi lebih mudah, lebih efisien waktu dan juga menghemat biaya. Meskipun demikian, ada juga beberapa kelemahan, seperti: resiko keamanan data dan privasi, barang kurang sesuai dan pengiriman yang lama.

berbagai kendala tersebut tidak terjadi ketika melakukan pembelian barang atau produk secara langsung kepada penjual. Namun para pelaku usaha e-commerce telah memperhatikan hal ini dan melakukan langkah-langkah yang cepat.

Misalnya platform seperti Tokopedia, pembayaran barang tidak langsung kepada penjual, tetapi melalui Tokopedia sendiri. Ketika barang telah sampai dan diterima dan dikonfirmasi oleh pembeli tanpa komplain, maka barulah Tokopedia melakukan pembayaran kepada penjual.

Dengan demikian, akan sangat sulit terjadi penipuan yang dilakukan oleh oknum-oknum para penjual. Memperhatikan dan mengikuti keamanan yang ditetapkan sangatlah penting, supaya kalian tidak tertipu. Jangan lupa untuk memilih penjual yang terpercaya, memiliki rating tinggi dan barang-barang yang terjual sudah banyak.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *