Manfaat penggunaan ChatGPT bagi manusia

Manfaat penggunaan ChatGPT

Manfaat penggunaan ChatGPT yang utama adalah bisa membantu membuat berbagai ide konten untuk media sosial seperti Youtube, Facebook maupun Instagram. Teknologi ChatGPT dapat digunakan untuk membuat cerita pendek secara otomatis, membuat artikel dan membuatkan ide konten yang menarik secara otomatis dan cepat.

Jadi, kalian tidak perlu membayar seorang konsultan yang mahal untuk membuat konten yang menarik. Adaa ratusan teknologi Ai (Artificial Itelligence) di google yang digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Ada yang digunakan untuk menulis artikel, ide konten dan ada juga yang digunakan untuk membuat gambar secara otomatis.

Selanjutnya ada juga teknologi Ai (Artificial Itelligence) yang digunakan untuk membuat video pendek, kalian cukup menuliskan kata kunci yang tepat.

Setelah mengetikan kata kunci maka teknologi Ai akan secara otomatis bekerja dan menghasilkan sebuah video pendek sesuai dengan kata kunci yang kalian masukan.

Bagaimana, apakah kalian tertarik menggunakan teknologi Ai (Artificial Itelligence)?

Apa itu teknologi Ai (Artificial Itelligence)?

Integrasi kecanggihan teknologi Ai (Artificial Itelligence) dalam dunia bisnis sudah menjadi trend dan menjamur di mana-mana.

Artificial Itelligence (Ai) adalah cabang ilmu komputer yang merancang sistem komputer supaya dapat melakukan tugas-tugasnya secara mandiri melalui pemrograman.

Dengan demikian, sistem komputer bisa menjawab pertanyaan manusia secara otomatis, mengenali suatu pola atau pun membuat keputusan tanpa intervensi dari manusia.

Tujuan pengembangan ChatGPT pada awalnya adalah untuk pembelajaran, yakni dirancang dan dilatih untuk menghasilkan teks yang relevan dari berbagai sumber.

Karena ChatGPT berbasis kepada teknologi kecerdasan buatan (AI) maka menimbulkan banyak kehawatiran. Ada banyak kekhawatiran mengenai hal ini, bagaimana jika teknologi tersebut di salahgunakan?

Meskipun banyak kekhawatiran yang muncul, pengembangan teknologi ini semakin banyak dan menjamur karena menjadi bisnis yang sangat menjanjikan.

Kalian bisa search di google maka akan muncul banyak sekali jenis-jenis teknologi Ai yang digunakan untuk menolong dan membantu pekerjaan manusia.

Manfaat penggunaan ChatGPT sangat bisa dirasakan oleh banyak orang, khususnya dalam hal pekerjaan. Apalagi biaya langganan masih terjangkau, yaitu di mulai sekita 10 dolar sampai dengan 300 dolar perbulannya.

Penggunaan istilah “ChatGPT” mengacu kepada teknologi kecerdasan buatan di dalamnya yang dikenal sebagai “Generative Pre-trained Transformer.”

ChatGPT di kembangkan dan dibuat oleh laboratorium penelitian swasta “OpenAI” yang didirikan oleh Elon Musk dan teman-temannya.

Manfaat penggunaan ChatGPT

ChatGPT menggunakan metode yang melibatkan dua integrasi, yakni “pra-pelatihan” dan penyempurnaan. Pada tahap awal, ChatGPT melakukan fase prapelatihan.

ChatGPT menjalani pelatihan dan uji coba menggunakan kumpulan berbagai data yang di ambil dari berbagai sumber, yakni : seperti buku, artikel, dan berbagai situs web.

Tujuan adalah untuk menguji hasilnya dan melakukan berbagai pengembangan, apakah ChatGPT dapat memberikan jawaban yang sesuai dan akurat.

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan “penyempurnaan. Penyempurnaan ini memungkinkan untuk memahami bahasa manusia yang alami dan natural atau dikenal dengan istilah Natural Language Processing (NLP).

Apabila kalian sering menggunakan ChatGPT maka berbagai pertanyaan yang saudara ajukan di jawab dengan cepat. Dan hasilnya pun kelihatan seperti bahasa manusia yang alami dan natural, meskipun terkadang masih ada beberapa keterbatasan.

Apabila kalian memiliki kemampuan di dalam mengembangkan teknologi keceradsan buatan ini maka sangat bagus sekali.

Dalam setiap pengembangan teknologi, negara-negara barat selalu menjadi yang terdepan. Bagaimana dengan Indonesia? Semoga di masa depan akan banyak teknologi-teknologi canggih buatan dan hasil karya anak-anak bangsa.

Penggunaan ChatGPT yang bermanfaat terlihat dari banyaknya pengguna yang mengakses web https://chat.openai.com.

Ketika ChatGPT launcing pertama kali pada tahun 2022, maka diperkirakan pada tahun 2023 telah mencapai ratusan juta pengguna.

Hal ini dikarenakan teknologi ChatGPT sanga berguna dan membantu pekerjaan manusia. Misalnya ChatGPT memiliki kemampuan untuk menghasilkan artikel yang baru dengan berbagai topik.

Teknologi tersebut sangat cocok untuk menemukan berbagai ide dan gagasan di dalam menulis atau membuat berbagai konten.

1. Membantu dan memberika ide membuat konten

Jika kalian adalah seorang konten kreator maka menggunakan teknologi ChatGPT sangatlah berguna sekali.

Teknologi kecerdasan buatan ChatGPT mampu memberikan ide-ide konten yang kreatif dengan berbagai tema. Kalian hanya cukup mengetikan kata kunci yang tepat dan akan muncul jawaban secara otomatis dari ChatGPT.

Selain itu, kalian juga bisa memanfaatkan kecerdasan buatan tersebut untuk mencari topik yang menarik. Misalnya membuat judul, membuatkan outline dan melakukan diskusi seperti hal dengan seorang konsultan yang profesional.

Kalian dapat bertanya kepada ChatGPT dan meminta untuk membuat outline beserta deksripsinya. Selanjutnya kalian tinggal memahami konsep dan mengembangkannya sendiri.

Bagaimana pendapat anda mengenai hal ini? Cukup mudah dilakukan, bahkan bagi orang yang gaptek pun bisa melakukannya.

2. Membantu dan memberikan ide dalam menulis buku

Manfaat penggunaan ChatGPT juga bisa dirasakan ketika kesulitan mendapatkan ide dalam menulis buku. Kalian bisa berdiskusi dengan mengajukan berbagai pertanyaan berkaitan topik yang kalian bahas.

Dalam hal ini saya disclaimer terlebih dahulu, supaya para pembaca tidak salah paham atau gagal fokus.

Artikel ini tidak mengajarkan melakukan plagiat atau copy paste, tetapi menemukan ide dan gagasan mengenai topik yang dibahas.

Melakukan plagiat atau copy paste tidak dibenarkan secara moral maupun secara hukum. Di sini penulis hanya mengajarkan untuk mencari ide mengenai topik yang sedang dibahas.

Jawaban dari ChatGPT hanya sebagai referensi yang perlu diuji kebenarannya dan juga dikembangkan.

Ada banyak orang yang terkadang terbuai dengan hasil dari teknologi Ai, sehingga melakukan copy paste begitu saja.

Ada juga yang membuat buku dari hasil ChatGPT, sehingga bukunya tidak berkualitas. Oleh sebab itu, seperti yang telah saya katakan di awal bahwa penggunaan ChatGPT hanya untuk membantu menemukan ide dan gasasan.

Apabila kalian ingin menemukan berbagai ide dan gagasan dalam menulis buku maka bisa menggunakan teknologi kecerdasan buatan ini. Namun ingatlah bahwa teknologi Ai tersebut hanya digunakan untuk membantu.

3. Membantu dan memberikan ide dalam menulis artikel

Manfaat penggunaan ChatGPT sangat memudahkan pekerjaan manusia, khususnya untuk menemukan ide dan gagasan di dalam menulis konten artikel dengan berbagai totik.

penulis mengingatkan kembali bahwa di sini bukan melakukan copy paste, tetapi hanya menemukan ide dan topik yang menarik.

Misalkan kalian ingin menulis artikel tentang cara yang efektif dalam mendidik anak, maka kalian dapat menuliskan kata kunci tersebut.

Setelah itu tekan enter maka secara otomatis ChatGPT akan memberikan jawaban yang sesuai dengan keyword yang kalian ketik.

Kalian jangan melkukan copas begitu saja, melainkan mengembangkan artikel tersebut sesuai dengan pengetahuan Anda miliki.

Kalian bisa mendapatkan ratusan ide kon setiap hari dan mengembangkannya sehingga menjadi artikel yang bagus dan menarik.

ChatGPT bisa memberikan ide dan utline secara otomatis dengan berbagai topik. Jika kalian belum pernah mencobanya maka sekaranglah waktu yang tepat.

Kesimpulan: Manfaat penggunaan ChatGPT

Ada begitu banyak sekali jenis-jenis teknologi Ai (Artificial Itelligence) yang berkembang dan di pasarkan untuk tujuan komersial.

Teknologi Ai tersebut di program untuk membantu dan memudahkan pekerjaan manusia. Kalian dapat melakukan searching di google, maka akan muncul puluhan teknologi Ai yang canggih.

Ada bermacam-macam teknologi Ai (Artificial Itelligence) yang kalian bisa temukkan pada mesin pencari Google atau Bing.

Ada teknologi Ai (Artificial Itelligence) yang digunakan untuk membuat gambar secara otomatis, ada teknologi Ai yang digunakan untuk menulis berbagai konten. Dan ada pula teknologi Ai yang digunakan untuk membuat video secara otomatis, gambar kartun atau lain sebagainya.

Bagaimana, apakah kalian tertarik untuk menggunakannya ChatGPT? Jika kalian suka membuat konten Youtube, Instagram, Tiktok atau pun konten Facebook, maka teknologi Ai tersebut sangat bermanfaat sekali.

Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat kepada kalian semua, jika ada pertanyaan silahkan sampaikan melalui kolom komentar.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *